headline photo

ASBABUN NUZUL

Tuesday, February 9, 2010

Asbabun Nuzul AL-BAQARAH ayat 148

Al baqarah 148 behubungan erat dengan ayat 144 yang memerintahkan untuk menghadap ke kiblat (masjidil haram). Pada saat ayat 144 turun nabi sedang berada di suatu rumah yang dikenal sekarang masjidil Bani Salamah. Mereka memahami bahwa perintah itu terbatas selama mereka berada di rumah tempat ayat itu turun. Karena mereka ragu maka turun ayat148 ini yang mepunyai arti “Kebenaran itu dari tuhanmu sebab itu jangan engkau ragu. Bahkan Allah menegaskan kembali pada ayat 149-Nya.

Asbabun Nuzul AL-BAQARAH ayat 177 yanh ditujukan kepada:

A.Ahli Kitab

Mereka bukan saja berkeras untuk tetap menghadap AL-Qudus Yerussalem dimana Dinding Kalap dan Haikal Sulaeman , tetapi juga tidak henti hentinya mengecam dan mencemoohkan muslimin yang beralih kiblat ke Mekkah,Ayat ini maka berkata kepada mereka “ Bukan demikian yang dinamai kebajikan “.

B.Kaum Muslimin

Mereka menduga bahwa mereka telah meraih harapan dengan beralihnya kiblat ke Mekkah. Padahal kebajikan bukan itujika salat yang dilaksanakan hanya terbatas makna dan kehadiran kalbu. Bukankah Allah mengecam mereka yang tidak menghayati maka salahnya?

Asbabun Nuzul Al Isro ayat 26-27

Ayat ini turun ketika kaum muslimin suka melakukan pemborosan.Pemborosan ialah pengeluaran yang bukan haknya. Karena itu jika seseorang membelanjakan semua hartanya dalam kebajikan / hak dia bukanlah sebagai pemboros.

Kepada para pemboros ini Allah menyentuh memberi untuk memberikan haknya kepada karib,kerabat,orang miskin,ibnu sabil dll.sebagai mana tertuang di surat Al-Isro ayat 26-27

Asbabun Nuzul Al Fathir ayat 32

Ayat ini turun setelah ayat yang lalu menguraikan tentang wahyu wahyu yang disampaikan Allah S.W.T kepada Nabi S.A.W.Kini di uraikan tentang mereka yang di wariskan kepadanya pesan kitab suci ini.Ayat suci ini berbicara menyangkut 3 kelompok manusia seperti yang di bicarakan Qs AL-Waqiyah ayat 7.Dua atas mereka surga dan satu neraka.

0 komentar:

Post a Comment